Sabtu, 04 Juli 2009

Review Anime Sepanjang Ini ^-^

Review Anime 2008
Anime selama tahun 2008 sangat beraneka macam genre dari yang shoujo, shounen sampai shounen-ai alias yaoi alias…begitulah. Anime-anime tersebut ada yang benar-benar bagus dan ada pula yang hanya sepintas lalu dan tak meninggalkan bekas apapun di ingatanku. Dari banyaknya anime di tahun 2008 ini, beberapa darinya akan kureview di sini semoga bisa menjadi panduan dalam menonton anime.
Berikut adalah anime-anime yang selalu kuikuti selama tahun 2008.

D-Grayman

Ini adalah anime terdashyat yang kuikuti sejak 2006 dan aku selalu setia menunggu kelanjutannya dan telah selesai sebanyak 103 episode. Selesai anime belum berarti selesai ceritanya. Kelanjutannya aku baca lewat komik online dan aku berharap kelanjutannya alias season 2 segera dibuat. Anime ini bercerita mengenai dunia exorcist (bukan hantu beneran). Di dalam dunia ini, ada sosok bernama Earl Millenium yang bisa menghidupkan orang mati sesuai keinginan orang yang ditinggalkannya, hanya saja, dia menghidupkannya bukan untuk berkumpul kembali bersama orang-orang terkasih melainkan menjadikan mayat itu sebagai Akuma (devil) berbentuk bulat dan menyerang manusia. Orang inilah yang ditakuti sekaligus hendak dihancurkan oleh para exorcist. Allen Walker, 15 tahun, menjadi exorcist dengan kekuatan yang berasal dari innocence di tangan kanannya yang dengan innocence itu dia bisa menghancurkan akuma. Bersama kawan-kawannya di The Order (organisasi yang melawan Earl Millenium), Allen mengalami petualangan demi petualangan dalam menghancurkan akuma dan mencari cara mengalahkan Earl beserta anak buahnya.
Dia sendiri pernah mengubah ayah tirinya yang bernama Mana menjadi Akuma sehingga dia dikutuk oleh Mana. Dari cerita ke cerita, pada akhirnya, Mana-lah yang menjadi awal dari keterlibatan Allen ke dalam dunia exorcist. Diangkat dari manga jepang terkenal dengan judul yang sama. Animasi D-Grayman ini sangatlah bagus, pertarungannya yang seru, aksi pertempuran penuh kekuatan yang memukau, cerita yang bergulir dengan apik dan penuh misteri, suasana penuh kegelapan serta musuh yang susah sekali dikalahkan walaupun para excorcist juga kuat, apalagi ilustrasi yang indah membuat anime ini sangat sangat sangat amat sangat sayang untuk dilewatkan. Belum lagi lagu pembuka dan penutup yang bagus-bagus, membuat anime ini menjadi anime yang paling kusukai. Dengan genre action, shonen, supranatural, anime ini pun juga dibumbui humor yang pastinya membuat siapapun tertawa. Dari 1 sampai 5 point, aku memberikan 5 atas anime ini, It’s perfect! I won’t miss the sequel (I wish there will be the sequel).

Rental Magica
Seorang anak laki-laki mendapat warisan dari sang ayah yang entah ada dimana, berupa sebuah usaha jasa sihir bernama Rental Magica. Itsuki yang baru smu harus memimpin perusahaan ini. Tak tanggung-tanggung, karyawannya adalah para penyihir mulai dari penguasa sihir celtic hingga omyuji. Itsuki sendiri walaupun dia tidak memiliki keahlian apa-apa dibidang sihir, apabila penutup mata kanannya dibuka, dia bisa melihat dengan jelas titik kelemahan lawan sehebat apapun lawan tersebut namun kemampuannya itu berdampak pada kesehatan tubuhnya. Berbagai kasus magic pun dihadapi oleh Itsuki dan kawan-kawan. Walaupun penuh aksi dan magis, namun unsur humor kerap muncul dan membumbui ceritanya (seperti masakan saja, hahaha). Misteri pada mata kanan Itsuki akan terkuak di episode-episode terakhir. Rating : 3 of 5 points



Gundam 00

Para robot beraksi dengan pilot yang cakep-cakep dan juga handal. Intrik-intrik politik pun ikut masuk di dalamnya dan Celestial Being pun harus menentukan sikap, siapa lawan dan siapa kawan. Cerita yang alot penuh ketegangan di kepala, aksi-aksi para robot yang memukau serta pertempuran 3D yang apik pantas membuat anime ini mendapatkan rating 4.5 of 5 points.

Dragonaut

Seorang gadis yang ternyata adalah seekor naga bisa berubah menjadi robot bila dikendarai oleh seorang pilot yang kesepian dan akhirnya mereka jatuh cinta? Well, mirip kisah romantis penuh aksi karena ternyata ada pihak-pihak yang tak menghendaki kebersamaan mereka. Aksinya cukup seru, cerita dramatisnya juga cukup menyentuh…hanya saja, aku tidak begitu suka akhirnya yang saat aku selesai menontonnya aku cuma bilang : lho? Sudah selesai? WHERE’S THE FIGHT?

Shakugan no Shana 2nd
Masih ingat dengan Shana di season pertama? Yap, inilah lanjutannya. Shana kali ini harus bersaing untuk mendapatkan cinta orang yang disukainya, Yuji, hanya saja, sekarang tidak cuma satu, tapi ada 2 cewek saingannya. Walau dibumbui kisah cinta malu-malu kucing, anime ini cukup seru juga karena aksi-aksi sang gadis berambut nyala api dalam mempertahankan hidup Yuji yang ditaksirnya serta kisah komedi yang turut mewarnainya. Yep, 3 points cocok untuk anime ini, dan jangan pernah melewatkannya.

Ghost Hound
Kisah seorang anak laki-laki yang mengalami trauma semenjak penculikan dirinya bersama kakaknya yang mengakibatkan kematian kakak perempuannya. Para pecinta anime psikologis sebaiknya jangan melewatkan anime ini karena unsur psikologis tokoh sangat menonjol di sini. Dan rupanya ceritanya tidak hanya di situ saja, karena akibat penculikan itu, dia bisa terpisah dari tubuhnya dan berkeliling dengan roh untuk melihat dunia yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Shugo Chara
Lucu dan menghibur adalah kesan untuk anime ini. Bagaimana jika kita memiliki character guardian yang bisa membuat kita berubah sesuai dengan hati kita? Amu adalah gadis yang memiliki 3 shugo chara. Bersama teman-temannya yang sesame guardian, dia selalu berusaha membereskan masalah yang muncul gara-gara egg dalam diri manusia berubah hitam dan mengancam orang-orang di sekelilingnya. Semakin berjalan cerita, semakin rumit masalah yang ternyata mereka hadapi karena ada pihak yang menginginkan embriyo, yaitu egg yang bisa mewujudkan keinginan orang yang memilikinya. Aku tak pernah melewatkan anime yang satu ini. Cute banget.

Persona Trinity Soul
Dalam diri setiap orang terdapat persona yang macam-macam levelnya. Persona level A adalah persona yang sangat diinginkan oleh sebuah organisasi. Di sebuah kota, terjadi peristiwa-peristiwa aneh yang berhubungan dengan persona. Misteri yang disajikan semakin lama semakin membuat penasaran dengan akhir dari anime ini. Pada awal episode, aku benar-benar sangat antusias dan penasaran dengan kelanjutan ceritanya yang cukup rumit alias harus mikir hingga pada episode terakhir aku pun hanya ternganga (yang ini hiperbola) dan mengatakan : Hee? Cuma begini akhirnya? Segampang itukah?
Aku benar-benar kecewa pada endingnya, sungguh jauh dari yang kubayangkan. 3 point adalah yang nilai maksimal untuk anime ini dan 2 point adalah untuk endingnya.

Hero Tales / Juushin Enbu
Kisah pertarungan ala fighter dengan jurus-jurus dasyatnya belum lagi cerita yang bagus dan lain dari yang lain membuat anime ini cukup seru untuk diikuti. Di mulai dengan kecemburuan dalam keahlian bertarung ditambah adanya pedang warisan yang dicuri serta kekuatan tersembunyi dalam tokoh utama mewarnai cerita anime Juushin Enbu. 3.5 points dari 5 point pantas untuk didapatkan Hero Tales.

Clannad
Romance, sadness and loneliness, then it’s karma. Yap, kalau kalian suka anime yang membuatmu nangis tersedu-sedu atau tersentuh dengan kisah romantisnya, inilah anime yang pantas untukmu. Menceritakan tentang seorang pelajar yang bermusuhan dengan ayahnya sendiri karena ditelantarkan oleh sang ayah. Lalu dia bermimpi bertemu dengan seorang gadis dan sangat mirip dengan teman sekelasnya, Nagisa. Akhirnya dia pun jatuh hati pada Nagisa dan bertekad untuk selalu berada disampingnya, mendukung Nagisa yang sakit-sakitan hingga akhirnya mereka menikah. Selesai? Belum, ini masih beberapa langkah menuju ending. Setelah menikah dan hidup berkeluarga, Nagisa pun hamil namun kondisinya membuat Nagisa meninggal saat melahirkan. Sad? Ya, benar-benar mengharukan, tapi selesaikah? Masih belum, dan disinilah kisah karma itu terjadi, kisah yang membuat tokoh utama bertengkar dengan ayahnya. Lingkaran hidup pun berputar, bisakah dia belajar dari kehidupannya demi sang anak? Kisah drama komedi yang sangat mengharukan dan menyentuh membuat anime ini mendapat 3.5 point dariku.

Rosario to Vampire
Seorang anak manusia sekolah di dunia para monster lalu bertemu dengan vampire cantik yang sangat menyukainya? Belum lagi dia juga diperebutkan para cewek monster yang notabene teman-teman kelompoknya. Anime ini lucu dan cocok untuk para kaum adam karena ada unsur fan-sevice yang lebih ditonjolkan. Aku sendiri menyukainya karena unsur komedi yang menghibur walau kadang iri juga jika melihat bodi para tokoh ceweknya terutama Momoka yang terlihat begitu sempurna, hihihi…

H2O Footprints
Kebutaan bukan hanya disebabkan hal fisik. Ketidakterimaan pada peristiwa yang menimpa juga bisa menyebabkan seseorang menutup matanya walaupun tak ada gangguan pada kesehatannya. Inilah yang terjadi pada Takuma, tokoh utama anime ini. Dia datang ke desa untuk menyembuhkan matanya. Dia buta setelah melihat kematian ibunya di depan matanya sendiri. Setelah berada di desa dan berkenalan dengan teman-teman barunya, penglihatan Takuma pun membaik dan bahkan bisa tampak jelas. Namun benarkah dia memang bisa melihat? Selain itu, ada peristiwa beberapa tahun yang lalu di desa itu yang berkaitan dengan ibu Takuma. Anime ini memberikan pelajaran bahwa apapun yang terjadi dalam hidup ini harus diterima dengan lapang dada karena mungkin kematian bukanlah hal yang perlu disesali berlarut-larut.

Code Geass 2nd
Lelouch kembali! Setelah ditangkap dan dicuci otaknya, ingatan Lelouch pun kembali dan dia pun mulai beraksi lagi bersama para pengikut-pengikut setianya melawan tirani Britannia sebagai Zero walaupun pada akhirnya dirinya sebagai Lelouch sangat dibenci oleh rakyat. Endingnya? Hiks hiks hiks…I don’t want to see him die! I want to see him live happily ever after…but…but…
Walau sad ending, aku harus memberikan 4.5 point untuk anime ini berkat unsur cerita yang menarik dan aksi pertarungan mecha yang seru dan memukau.

Majin Tantei Neugami Neuro
Detektif supernatural dari neraka untuk memakan misteri? Cukup aneh kedengarannya namun menarik juga untuk diikuti kisahnya. Neuro adalah “monster” dari dunia bawah yang keluar ke dunia manusia untuk mencari makanan yang berupa misteri. Dengan bantuan seorang gadis dia memecahkan kasus-kasus yang terjadi sekaligus memakan misteri yang ada di dalamnya. Hmm, aku cukup terhibur dan sedikit penasaran dengan akhir kisah anime ini.

Nabari No Ou
Ninja? Yeah, pastinya seru pertarungannya. Itulah kesan pertama yang kutangkap dari episode awalnya. Seorang anak smu memiliki shinra bansou dalam dirinya, sebuah ilmu rahasia dunia ninja yang bisa mewujudkan keinginan bagi yang memilikinya. Namun tidak semudah itu shinra banshou karena bila shinra banshou diaktifkan, dunia manusia akan terancam sehingga mau tidak mau orang yang dirasuki shinra banshou harus dibunuh atau kehidupan manusia terancam. Beberapa episode awal memang sangat seru dan menyenangkan untuk diikuti, menginjak episode tengah, kisah drama lebih mendominasi bahkan aksi ninja justru seperti ‘tenggelam’ dan di episode-episode terakhir saat aku melihat perkembangan hubungan tokoh utama dengan Yoite, ninja pengguna Kira yang awalnya adalah musuh digambarkan sebagai sahabat yang erat tapi entah mengapa aku merasa persahabatan mereka lebih seperti “yaoi-like”. Well, mungkin aku cukup memberi 3 point dan 2,5 point untuk episode terakhir karena cerita yang menggantung dan akhir Yoite yang cukup mengharukan.

Kimi Ga Aruji De Shitsuji Ga Ore De
Pelayan laki-laki dengan majikan yang semuanya perempuan dan semuanya aneh-aneh? Anime yang banyak mengandung unsur komedi ini cukup menghibur, aku jadi teringat Hayate No Gotoku.

The Tower Of Druaga
Naik ke atas menara Druaga untuk mendapatkan sebuah batu yang konon bisa mengabulkan segala permintaan dan berkompetisi dengan para pemburu lainnya sekaligus memerangi para penjaga, yang tak tanggung-tanggung, mirip monster? Inilah kisah yang diangkat The Tower Of Druaga dengan Gil, seorang pemuda kocak sebagai tokoh utamanya. Di episode awal, orang akan tertawa di akhirnya karena aksi-aksi seru itu ternyata hanyalah khayalan Gil. Menjelang episode akhir, kupikir cerita masih berlanjut dan ternyata….menggantung! Well, itu karena ada season berikutnya yaitu Sword of Druaga sebagai pamungkas dari petualangan Gil dan kawan-kawan dalam menapaki Tower Druaga. 3 point adalah nilai maksimal yang bisa kuberikan pada anime ini. Hehehe…

Soul Eater
Dunia shinigami adalah latar dari cerita anime ini. Para tokoh-tokohnya sangat kocak karena mereka memang masih tergolok kekanak-kanakan. Petualangan mereka begitu seru, mulai dari Soul bersama Maka, Blackstar bersama samurai cantik, Death the Kid bersama si kembar yang bisa berubah menjadi pistol. Walau gambarnya sedikit terlihat kartun banget, namun animasi pertarungannya begitu indah. Gerakan-gerakan dalam aksi pertarungan begitu lincah dan detail. Kocak namun penuh aksi-aksi pertarungan yang sangat seru serta cerita yang misteri membuat anime ini pantas mendapat nilai 4.5 point dariku.

Special A
Shoujo anime? Yeah, it’s funny, nice, sweet and romantic. Menceritakan kisah Hikari, gadis sederhana yang tergabung dalam kelas S.A (Special A) karena nilainya yang sangat bagus. Hanya satu masalahnya, Hikari selalu merasa tersaingi oleh salah satu anggota S.A yang tak terkalahkan padahal laki-laki itu sebenarnya jatuh hati pada Hikari namun tak bisa mengatakannya dengan benar. Girls, you should watch it!

Kurenai
Gerakan animasi yang halus tidak patah-patah seperti rambut yang bisa tergerai-gerai dan tidak kaku menjadi nilai plus dari anime ini. Selain itu, cerita yang cukup menarik dan aksi pertarungan bagus serta gerakan para tokoh yang tidak terkesan kaku alias terlihat halus seperti kartun ala amerika membuat anime ini layak untuk ditonton. Berkisah tentang seorang anak muda smu yang memiliki pekerjaan sambilan sebagai bodyguard seorang gadis kecil yang diculik dari kediamannya demi kebaikan gadis itu sementara pihak keluarganya menginginkan gadis itu tetap berada di kediamannya karena bagi mereka, gadis itu hanya ditakdirkan sebagai istri yang setia dan diam di dalam rumah saja.

Vampire Knight
Kisah kelam yang romantis adalah cerita yang mungkin hendak disajikan oleh anime ini. Berdasarkan manga dengan judul yang sama, menceritakan sebuah sekolah yang memiliki dua kelas yaitu kelas malam dan kelas siang. Kelas siang adalah kelas manusia biasa sedangkan kelas malam adalah kelas khusus untuk para vampire yang dikomandani oleh Kuran Kaname. Yuki dan Zero adalah sepasang penjaga sekolah yang berusaha menjauhkan kelas malam dengan kelas siang. Yuki adalah anak dari kepala sekolah tersebut sedangkan Zero sebagai anak angkat. Awalnya Yuki tak pernah mengira bahwa Zero yang sangat membenci vampire justru terancam berubah menjadi vampire level E alias monster vampire akibat gigitan yang dialaminya sewaktu masih kecil. Yuki pun berusaha untuk selalu disamping Zero yang begitu dingin dan tertutup. Akhir cerita yang menggantung karena akan dibuat season lanjutannya.

Xxholic : Kei (3.5 of 5 points)
Watanuki, Doumeki dan Yuuko kembali beraksi. Kali ini tentang siluman laba-laba yang mengutuk Doumeki karena merusak sarangnya hingga mata Doumeki terancam buta. Watanuki yang merasa bersalah meminta pada Yuuko untuk memindahkan kutukan itu pada dirinya. Yuuko yang mampu mewujudkan keinginan orang yang meminta bantuannya dengan mudah memindahkan kutukan itu. Hanya saja, kini Watanuki harus menghadapi hal terburuk yang bisa terjadi pada dirinya. Anime supernatural ini layak untuk terus diikuti walau hanya sampai 13 episode.

Macross Frontier
Alto adalah salah satu pilot yang harus bertempur melawan monster luar angkasa yang mengancam para penghuni macross. Selain adegan penuh aksi 3D yang memukau, anime ini dibumbui drama romantis cinta segitiga antara Alto, Ranka serta Sherly (atau Sheryl?aku lupa namanya). Lagu-lagu yang bagus menghiasi hampir tiap episodenya. Yah, walaupun terlalu banyak dibumbui cinta segitiga, tapi aksi para robot yang hebat serta pertarungan yang seru membuat anime ini layak mendapat point 4 dari 5 point.

Nijuu Mensou no Musume / The Daughter of 20 Faces
Seorang gadis remaja diculik oleh seorang bandit bernama 20 faces dari keluarga berada yang jahat pada gadis itu. Lama-kelamaan gadis itu pun beradaptasi dengan kehidupan 20 Faces dan komplotannya bahkan kini dia telah menjadi salah satu anggotanya. Hmm, aku tidak bisa mengatakan apapun karena aku belum selesai menontonnya walaupun anime ini telah selesai tayang akibat subjektifitas alias aku tidak suka dengan tokoh utama cewek jadinya gak begitu mood menontonnya, hihihi.

Monochrome Factor
Akira seorang pelajar biasa namun sebuah peristiwa mengubah kesehariannya sejak kedatangan Shirogane yang mengaku berasal dari dunia bayangan. Karena dialah, Akira pun masuk ke dunia bayangan yang akhirnya bertarung bersama-sama melawan monster-monster dari dunia bayangan yang keluar ke dunia manusia. Satu persatu mereka mendapatkan bala bantuan alias kawanan walau pada akhirnya salah satu dari mereka adalah musuh dibalik selimut.

Blassreiter
Seorang pembalap mengalami cacad akibat sebuah kejadian di arena balap yang diawali munculnya monster di arena itu. Kondisinya tersebut membuat dirinya terpuruk hingga datang seorang wanita yang menawarkan sebuah pil yang bisa membuatnya kembali kuat seperti sediakala bahkan lebih kuat lagi. Setelah meminum pil tersebut, dia memang bisa lagi berjalan namun saat dia marah, dia berubah menjadi amalgam alias monster. Walaupun dia mencoba menjadi pahlawan, namun dia telah dicap monster oleh masyarakat dan harus ditangkap apalagi dihancurkan. Di saat genting, muncul Blue, laki-laki (ini tokoh utamanya!) yang mengendarai motor balap biru. Blue ini juga bisa berubah namun dia mampu mengontrol dirinya. Dari sinilah cerita-cerita mulai bergulir. Aksi pertarungan 3D yang hebat, seru bahkan sangat keren membuat anime ini layak mendapat 4 point. Selain itu, ceritanya juga bergulir lumayan cepat tapi pas tanpa kita tahu apa yang akan terjadi nantinya menjadikan anime ini wajib diikuti.

Kamen No Maid Guy
It’s comedy. Seorang laki-laki yang bertubuh kekar sekaligus menyeramkan ditugaskan untuk menjadi pelayan dan menjaga dua orang anak, seorang gadis smp dan adik laki-lakinya dari incaran orang-orang jahat yang mengincar warisan yang mereka miliki karena mereka mendapatkan warisan yang sangat banyak dan akan diterima sampai si sulung berumur 16 tahun. Lucu dan menghibur, itulah kesan yang kutangkap dari anime ini walau mungkin ada adegan yang tidak pantas ditonton anak kecil.

Toshokan Sensou
Petugas perpustakaan menjadi pasukan dan berperang? Ya, inilah isi anime yang menceritakan tentang para librarian yang juga membentuk pasukan untuk menjaga buku-buku dari pemerintah yang menentang adanya buku-buku yang dianggap membahayakan negara. Kisah ini pastinya juga dibumbui kisah cinta malu-malu kucing sang komandan dengan anggota baru pasukannya yang menjadi tokoh utama anime ini.

Allison To Lilia
Cerita dua jaman ini mengisahkan petualangan seorang pilot bernama Allison bersama kekasihnya dalam mencari harta karun yang bisa menghentikan perang dunia. Cerita terus bergulir hingga pada petualangan Lilia, putri Allison yang terjadi setelah berakhirnya perang. Ceritanya cukup seru dan penuh petualangan dibumbui humor serta kisah cinta yang lucu dan menghibur.

Junjou Romantica
Awalnya aku sedikit curiga dengan cerita anime ini hingga akhirnya aku hanya bisa mengatakan : Tuh kan! Ini bukan anime ‘biasa’. Walaupun sedikit ‘menyimpang’ tapi anime ini lucu juga ceritanya. Di tiap menitnya aku dibuat tertawa bahkan sampai terpingkal-pingkal oleh tingkah laku tokohnya. Dan akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti anime ini karena anime ini menawarkan cerita cinta terlarang yang penuh komedi karena bagiku, anime yang bisa mengocok perut adalah anime yang menghibur tapi yang pasti, aku bisa hampir muntah bila para tokohnya sedang kasmaran, hahaha. Yang cowok normal, jangan sekali-kali nonton seperti ini, dunia sudah kekurangan cowok normal soalnya, hahaha.

Wagaya No Oinarisama
Siluman rubah dibangunkan dari segel yang mengurungnya hanya untuk melindungi seorang anak kecil dari kejaran siluman-siluman yang mengancam nyawanya. Siluman rubah itu bisa berubah menjadi laki-laki dan perempuan sesuai dengan keinginannya. Dia pun dibawa untuk melindungi Tooru dan Noboru di kota yang begitu asing baginya sehingga banyak ulah yang dibuat si siluman itu akibat ketidaktahuannya akan kehidupan kota manusia.

Natsume Yuujinchou
Seorang pelajar bernama Natsume telah membuka segel dan muncullah seekor kucing gemuk yang ternyata adalah Nyakko yang bisa berubah menjadi siluman raksasa. Si kucing itu berusaha untuk memiliki buku Yuujinchou alias book of friends yang diwariskan oleh neneknya, Ryoko Natsume. Satu persatu youkai mendatangi Natsume untuk dikembalikan namanya, baik itu youkai jahat maupun youkai baik. Dengan sebuah syarat, akhirnya Nyakko si kucing pun bersahabat dengan Natsume dan tampak begitu melindunginya walaupun dia malu untuk mengakuinya bahkan memarahi Natsume jika Natsume berada dalam bahaya. Kisah drama supernatural yang berbeda dari biasanya, lucu dan terasa tenang nyaman mungkin karena alur yang pelan namun pasti dan suasana desa yang ditampakkan cukup membuatku enjoy menikmatinya. Yap, point 3 kuberikan untuk anime ini.

Amatsuki
Rikugou Tokidoki adalah seorang pelajar smu biasa yang gagal dalam ujian pelajaran sejarah. Untuk memperbaikinya, ia harus belajar di sebuah museum berteknologi tinggi sebagai pelajaran tambahan pada liburan musim semi. Di sana dia diserang makhluk misterius bernama Nue yang menunggangi monster raksasa. Rikugou lalu diselamatkan oleh seorang samurai wanita bernama Kuchiha. Akibat serangan itu, dia kehilangan penglihatan mata kirinya. Dia pun menyadari bahwa dirinya bersama Shinonome Kon yang pernah sekelas dengannya, telah terjebak dalam dunia mirip era Bakumatsu yang disebut Amatsuki. Well, from the original story, I give it 3 points but for the ending, I only give it 2 points.

To Love Ru : Trouble
Yuuki Rito adalah pelajar smu yang tidak bisa menyatakan perasaannya pada wanita impiannya, Sairenji Haruna. Suatu hari ketika berendam di kamar mandi, seorang gadis misterius muncul tanpa baju dan mengaku bernama Lala dari planet Deviluke. Ayah Lala menginginkannya kembali untuk menikah dengan salah satu calon suami pilihan sang raja tapi Lala ingin menikah dengan Rito dan tinggal di bumi. Ayah Lala pun berjanji jika Rito bisa melindungi Lala dari para tunangannya, maka Rito bisa menjadi tunangannya tapi jika dia gagal, dia akan dibunuh dan bumi dalam bahaya. Hanya saja, Rito telah lebih dulu jatuh hati pada Sairenji! Bisakah Lala mengambil hati Rito? Well, guys love it because it’s just like fan-service. Hmm, lucu tapi agak vulgar juga.

World Destruction
Berlatar di dunia di mana manusia hidup bermusuhan dengan Beast (setengah manusia setengah binatang). Beast dan manusia tidak bisa hidup dengan damai. Kirie, laki-laki yang menyamar menjadi beast kucing dan bekerja di sebuah bar di kawasan beast terpaksa lari saat jatidirinya terbongkar gara-gara seorang wanita bernama Morute yang rupanya seorang buronan karena dia adalah World Destruction Comitee yang bertugas menghancurkan dunia untuk menjadi lebih baik. Kirie pun ikut dalam petualangan Morute untuk menghancurkan dunia dengan menggunakan bola yang selalu dibawanya yang disebut World Destruction Code. Masalahnya, Morute tidak tahu cara menggunakan bola tersebut sementara pihak World Salvation Comitee berusaha menghalangi mereka.

Telepathy Shoujo Ran
Ran Isozaki adalah gadis smu yang memiliki kemampuan ESP. Bersama dengan murid baru bernama Midori Naha yang juga memiliki kemampuan yang sama dan Rui Ayase, kekasih Ran, mereka menyelidiki berbagai kasus misterius dengan kemampuan mereka.

Antique Bakery
Saat masih kecil, Tachibana mengalami sebuah penculikan yang tak terpecahkan. Pengalaman pahit itu membuatnya berkali-kali harus mengalami mimpi buruk. Demi menangkap pelaku penculikannya, dia mendirikan sebuah toko roti karena sang penculik sangat menyukai roti. Namun, benarkah Tachibana mendirikan toko roti Antique Bakery hanya untuk mencari penculik itu ataukah dia memang menyukai bisnis roti. Bila menonton anime ini, aku benar-benar tergoda sama kue-kue yang sepertinya sangat lezat, slruuup….nyem nyem nyem.

Birdy The Mighty Decode
Senkawa adalah pemuda smu yang kolot dan menyukai graffiti serta menggunakan kacamata. Suatu hari dia mendatangi sebuah gedung tua untuk melihat-lihat. Sayangnya, di sana sedang ada perkelahian antara Birdy, agen luar angkasa, yang hendak menangkap buronannya. Senkawa yang secara tak sengaja berada di medan pertempuran itu pun terbunuh oleh Birdy. Untuk menyelamatkan Senkawa, Birdy pun meminjamkan raganya untuk ditumpangi jiwa Senkawa sebelum raga Senkawa sembuh. Kini Senkawa tak lagi kolot karena dia tak perlu lagi memakai kacamata dan setiap hari harus berbagi kehidupan dengan Birdy yang masih bertugas menangkap buronan dari planetnya. Sementara itu, bumi pun terancam karena sesuatu benda dari planet tempat Birdy berasal akan menghancurkan bumi.

Yakushiji Ryoko No Jikenbo
Ryoko adalah seorang polisi wanita yang sangat pandai dan disiplin. Bersama dengan bawahannya, dia menyelidiki serangkaian pembunuhan misterius yang membuat korban-korbannya mati mongering seperti mummy. Tanpa disadari, rupanya penyelidikan yang dilakukannya telah mengganggu sebuah organisasi misterius.

Kuregane No Linebarrels
Kouichi Hayase pemuda pelajar yang dulu mengalami kecelakaan dan jatuh koma selama setengah tahun. Akibat dari kecelakaan itu, Kouichi menjadi depresi dan merasa sangat kesepian. Namun bagaimanapun juga, tanpa disadari olehnya, ternyata dia mendapatkan sebuah kekuatan besar dan tiga tahun kemudian, sebuah robot raksasa (Linebarrel) turun dari langit yang rupanya dulu menjadi penyebab insiden. Robot itu turun dan jatuh ke arahnya hingga menimbulkan suatu goncangan hebat di tanah. Di atas tanah berlubang besar akibat hantaman robot raksasa itu, Kouichi mendapati seorang gadis tergeletak di sampingnya. Dari sinilah kehidupan Kouichi berubah total. Walaupun gambar animasinya tidak terlalu mengesankan namun pertarungan para robot cukup seru belum lagi drama melankolis yang menghiasi tokoh utama membuat anime ini layak mendapat nilai 3 point.

Bounen No Xamdou / Xamd’ lost memories
Akiyuki adalah pemuda smu yang hidup dalam lingkungan yang aman dan terjaga. Setiap harinya dia berangkat ke sekolah bersama teman-temannya dengan penuh ketenangan hingga suatu hari dia menolong seorang gadis berambut putih untuk bisa naik ke dalam bus sekolah. Pertolongan Akiyuki justru membawa bencana karena karena setelah sampai di kawasan sekolah yang terlindung, gadis misterius itu ternyata membuat bus meledak. Korban pun berjatuhan baik dari para siswa termasuk teman-teman Akiyuki maupun orang sipil. Akiyuki kembali masuk ke dalam bus yang meledak dan barulah dia mengetahui bahwa gadis yang ditolongnya adalah penjahat tersebut. Sebuah sinar melukai lengan Akiyuki dan membuatnya berubah menjadi makhluk putih bernama Xamd’. Kisah ini pun juga dibumbui cinta segitiga Akiyuki dan dua sahabatnya. Gerakan animasinya terlihat lembut alias tidak kaku seperti kebanyakan anime Jepang, terasa seperti animasi 2D ala Amerika. Cerita yang menarik, pertarungan yang seru, akhir yang tak bisa ditebak, animasi yang bagus, kisah drama yang menyentuh, membuat anime ini layak mendapatkan 4 of 5 points.

Tales Of Abyss
Luke Fon Fabre, anak bangsawan yang manja dari kerajaan Kimlasca-Lavaldear melalui hari-harinya hanya berada dalam lingkungan kediaman ayahnya sejak penculikannya yang dilakukan oleh negara saingannya, Malkuth. Ingatan Luke tentang kehidupan masa kecil sebelum dia diculik pun hilang. Kisah yang cukup seru dengan petualangan-petualangannya membuat anime ini cukup mendapat point 3.5 dariku.

Yozakura Quartet
Berkisah tentang 4 remaja yaitu gadis berumur 16 tahun bernama Hime yang memiliki tenaga fisik yang kuat dan telah menjadi walikota Sakurashin salama 8 tahun meski usianya masih belia. Lalu ada Ao, yang bisa membaca pikiran, seorang tukang sulap bernama Kotoha yang bisa menciptakan benda yang dipikirkannya, dan seorang laki-laki biasa berumur 18 tahun bernama Akina Hiizumi, penerus Hiizumi yang merupakan satu-satunya manusia yang mampu mengirimkan youkai jahat ke dunia lain. Bersama-sama mereka menjaga kota yang menjadi tempat tinggal manusia berdampingan dengan youkai.

Vampire Knight Guilty
Sekuel dari vampire knight season 1 ini masih meneruskan cerita yang terdahulu hanya saja yang sekarang ini berbagai rahasia telah terkuak, baik tentang siapa Kaname, Yuki dan hubungan mereka berdua serta penderitaan Zero yang tak kunjung habis. Anime 13 episode ini masih belum cukup untuk menuntaskan kisah ini, yeah, terpaksa nunggu season ketiganya.

Rosario To Vampire Capu
Tsukune kembali lagi ke sekolah setelah liburan naik kelas. Tsukune kini merasa betah tinggal di dunia aneh karena ada teman-teman yang selalu bersamanya, vampire, siluman es, penyihir, siluman kelelawar yang semuanya wanita. Sekuel anime Rosario to Vampire ini kali ini mengisahkan kedatangan gadis kecil yang ternyata adik Moka, si vampire. Belum lagi Tsukune pun jadi rebutan ibu teman-temannya yang berusaha menjodohkannya dengan putri mereka. Petualangan seru pun menunggu Tsukune dan kawan-kawan. Masih mengandalkan fan-service dan unsur humor, anime ini lumayan untuk diikuti walau sekedar mengisi waktu luang.

Toradora!
Ryuji Takasu memiliki kepribadian yang ramah namun penampilannya nampak seperti seorang penjahat yang menakutkan sehingga dia putus asa untuk mendapatkan pacar. Ryuuji lalu merasa senang saat mengetahui bahwa ia sekelas dengan gadis pujaannya yang bernama Minori Kushieda. Tapi ia kemudian bertemu dengan Taiga Aisaka, seorang gadis galak yang langsung membencinya dan ternyata justru sahabatan dengan Minori. Berbagai insiden membuat Taiga dan Ryuuji malah terlihat dekat bahkan hampir terlihat seperti sepasang kekasih walau sebenarnya mereka menyimpan siasat bersama untuk saling menyatukan cinta dengan pujaan masing-masing karena Taiga menyukai Kitamura, sahabat Ryuuji. Rencana demi rencana untuk mendekatkan dengan pujaan masing-masing malah berbalik pada mereka hanya karena hal-hal yang konyol. Lucu dan romantis.

Toaru Majutsu No Index
Kamijou Touma adalah pelajar smu yang memiliki kekuatan bernama Imagine Breaker. Kekuatan itu terletak di tangan kanannya yang bisa meniadakan segala sihir, namun tidak bisa mendatangkan keberuntungan baginya sehingga Kamijou sering mendapatkan nilai buruk di sekolahnya. Pada suatu hari Kamijou bertemu dengan seorang gadis berpakaian serba putih yagn sedang bergelantungan di balkon rumahnya. Gadis itu bernama Index dan mengatakan kalau dia sedang dikejar-kejar oleh para ahli sihir. Kamijou kemudian mengetahui bahwa gadis itu berasal dari gereja di Inggris dan pikirannya telah digantikan secara paksa dengan Index Librorum Phohibitorum, yaitu kumpulan 103ribu tekx sihir terlarang yagn telah disingkirkan dari peredaran gereja tersebut. Penuh magic dan aksi seru namun aku terpaksa memberi 3 point karena ending yang menggantung.

Chaos; Head
Takumi adalah laki-laki smu yang mengisolasi diri dari lingkungannya bahkan dari sekolahnya sendiri sehingga dia sering tidak masuk sekolah bahkan tak ada teman sekolah yang mau berteman dengannya. Nana, sang adik, pun harus menghadapi sikap Takumi yang dingin padanya. Suatu hari dia chatting lewat internet dengan seorang laki-laki yang memberinya URL. Secara tak sengaja Takumi membuka website tersebut dan mendapati sebuah blog yang menggambarkan sebuah pembunuhan. Di kemudian hari, pembunuhan itu benar-benar terjadi dan Takumi melihat gadis berambut pink yang berlumuran darah berada di depan korban. Sejak itulah Takumi dihantui oleh gadis tersebut yang rupanya adalah teman sekelasnya bernama Rimi sedangkan Takumi merasa sama sekali tidak mengenalnya. Cerita yang mengalir cepat ini membuat aku terus penasaran, apa sih yang sebenarnya terjadi hingga sebuah kenyataan tentang Takumi membuatku cukup terkejut, dan mengatakan: Ternyata…. Betul-betul akhir yang bagus.

Tidak ada komentar: